Jenis-Jenis Isu dan Penanganannya

Ilustrasi klasifikasi isu

Saat development sedang berjalan, ada beberapa penggolongan atau jenis-jenis isu yang memungkinkan untuk muncul. Penggolongan ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat prioritas dan bagaimana cara menanganinya.

Critical

Pengguna mendapatkan kerugian dari fitur aplikasi, biaya / waktu terbuang sia-sia pada tingat yang tidak dapat diterima.

Contoh

* Payment gateway tidak berfungsi sehingga transaksi tidak dapat dilanjutkan atau terhenti di tengah jalan.
* Data hilang tidak tersimpan
* Pengguna tidak dapat login untuk menggunakan aplikasi
* Server mati atau aplikasi tidak dapat diakses
* dll...

Resolusi

Hentikan task saat itu juga dan perbaiki isu saat itu juga atau sesegera mungkin.

Bug

Sistem tidak berjalan sebagai mana mestinya namun pengguna masih dapat menerima manfaat atau adanya kerugian waktu / biaya yang dapat diterima dalam jangka waktu singkat.

Contoh

* Tidak dapat melakukan edit / hapus data tertentu
* Hasil pencarian tidak sesuai dengan keyword
* Tombol aksi tertentu tidak muncul saat menggunakan smartphone
* dll...

Resolusi

Selesaikan task yang saat ini sedang dikerjakan kemudian perbaiki isu tersebut.

Feature

Fungsional baru yang sebelumnya belum ada pada sistem

Contoh

* Fitur melihat data detail
* Fitur reset password
* Fitur registrasi menggunakan sosial media
* dll...

Resolusi

Kerjakan sesuai urutan prioritas yang telah ditentukan pada saat perencanaan

Enhancement / Improvisasi

Improvisasi atau peningkatan pada fitur atau sistem yang sudah ada

Contoh

* Pemberian warna label pada suatu data
* Responsive layout
* Refactoring source code
* dll...

Resolusi

Kerjakan sesuai urutan prioritas yang telah ditentukan pada saat perencanaan