Jenis-Jenis Isu dan Penanganannya
Saat development sedang berjalan, ada beberapa penggolongan atau jenis-jenis isu yang memungkinkan untuk muncul. Penggolongan ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat prioritas dan bagaimana cara menanganinya.
Critical
Pengguna mendapatkan kerugian dari fitur aplikasi, biaya / waktu terbuang sia-sia pada tingat yang tidak dapat diterima.
Contoh
* Payment gateway tidak berfungsi sehingga transaksi tidak dapat dilanjutkan atau terhenti di tengah jalan.
* Data hilang tidak tersimpan
* Pengguna tidak dapat login untuk menggunakan aplikasi
* Server mati atau aplikasi tidak dapat diakses
* dll...
Resolusi
Hentikan task saat itu juga dan perbaiki isu saat itu juga atau sesegera mungkin.
Bug
Sistem tidak berjalan sebagai mana mestinya namun pengguna masih dapat menerima manfaat atau adanya kerugian waktu / biaya yang dapat diterima dalam jangka waktu singkat.
Contoh
* Tidak dapat melakukan edit / hapus data tertentu
* Hasil pencarian tidak sesuai dengan keyword
* Tombol aksi tertentu tidak muncul saat menggunakan smartphone
* dll...
Resolusi
Selesaikan task yang saat ini sedang dikerjakan kemudian perbaiki isu tersebut.
Feature
Fungsional baru yang sebelumnya belum ada pada sistem
Contoh
* Fitur melihat data detail
* Fitur reset password
* Fitur registrasi menggunakan sosial media
* dll...
Resolusi
Kerjakan sesuai urutan prioritas yang telah ditentukan pada saat perencanaan
Enhancement / Improvisasi
Improvisasi atau peningkatan pada fitur atau sistem yang sudah ada
Contoh
* Pemberian warna label pada suatu data
* Responsive layout
* Refactoring source code
* dll...
Resolusi
Kerjakan sesuai urutan prioritas yang telah ditentukan pada saat perencanaan